Contoh program yang satu ini bisa Mempermudah pekerjaan kita dalam menghitung Luas/Keliling persegi, Luas/Keliling Segitiga, Lingkaran, Balok, Luas dan Volume bola. Soal code yang digunakan, saya hanya menggunakan beberapa code bahasa c sederhana saja. Meskipun sederhana tapi bisa sangat membantu dalam penghitungan Luas dan Keliling suatu bangun datar hehe.
Header yang saya pakai:
- #include <stdio.h>
- #include <stdlib.h>
- #include <math.h>
- char
- float
- int
- goto
- if
- strcmp
- powf (fungsi matematika)
- sqrt (fungsi matematika)
- system("cls");
- scanf dan printf
- system("pause");
Cukup sederhana bukan? Apabila ada yang asing dengan code di atas bisa ditanyakan pada kolom komentar di bawah :)
Program ini saya buat karena sebuah tugas kuliah, apabila kalian juga memiliki tugas yang sama, jangan hanya copas code-code nya ya, paling tidak pahami juga maksud-maksudnya hehehe.
Oke langsung saja ini dia, silakan dinikmati dan dipahami sambil ngopi2 :
#include <stdio.h> #include <stdlib.h> #include <math.h> int main() { char menu [3]; float Lp, Kp, pp, //untuk persegi as3, ts3, sm, Ks3, Ls3, //Segi Tiga phi=3.14, rL, LL, KL, //Lingkaran pB,lB,tB,LB,KB, //Balok rB, LBl, VB //Bola ; int pangkat=2,pangkat2=3; menu: printf("====================\n"); printf("Pilih Bangun datar/ruang dibawah ini:\n"); printf("\nA. Persegi\n"); printf(" \nB. Segitiga\n"); printf(" \nC. Lingkaran\n"); printf(" \nD. Balok\n"); printf(" \nE. Bola\n"); printf(" \n\n0. Exit \n\n"); printf("====================\n"); printf(">> Silakan input pilihan Anda: \t "); scanf("%s",menu); //untuk persegi if if (strcmp(menu,"A")==0) { system("cls"); printf("Masukkan panjang sisi persegi : "); scanf("%f", &pp); printf("\n>Hasil\n"); Lp = pp * pp; Kp = pp * 4; printf("Luas = %.2f\n", Lp); printf("Keliling = %.2f\n\n", Kp); } //untuk segitiga if if (strcmp(menu,"B")==0) { system("cls"); printf("Mencari Luas dan Keliling Segitiga dengan mudah\n"); printf("Silakan masukkan data alas dan tinggi nya dulu ^_^\n\n"); printf ("Masukkan alas:"); scanf ("%f", &as3); printf ("Masukkan tunggi:"); scanf ("%f", &ts3); sm= sqrt((as3*as3)+(ts3*ts3)); Ls3=(as3*ts3)/2; Ks3=(2*sm)+as3; printf("Sisi miring = %.2f",sm); printf("\n\n>Hasil\n"); printf("Luas = %.2f\n", Ls3); printf("Keliling = %.2f\n\n", Ks3); } //untuk lingkaran if (strcmp(menu,"C")==0) { system("cls"); printf ("Masukkin Jari-Jari:"); scanf("%f", &rL); LL=phi* powf(rL,pangkat); KL=2*phi*rL; printf(">Data lingkaran:\n"); printf("\nLuas = %.2f", LL); printf("\nKeliling = %.2f\n\n", KL); } //untuk balok if (strcmp(menu,"D")==0) { system("cls"); printf("Masukkin panjang Balok:"); scanf("%f",&pB); printf("Masukin lebar disini:"); scanf("%f",&lB); printf("Masukkan tinggi:"); scanf("%f",&tB); LB=pB*lB*tB; KB=((pB*lB)+(pB*tB)+(lB*tB))*4; printf("\n\n>Hasil penghitungan Balok:\n"); printf("Luas=%.2f\n",LB); printf("Keliling=%.2f\n",KB); } //untuk bola if (strcmp(menu,"E")==0) { system("cls"); printf ("Masukkan jari-jari:"); scanf ("%f", &rB); LBl=2*phi* powf(rB, pangkat); VB=4/3*phi* powf(rB,pangkat2); printf("\n>Hasil\n"); printf("Luas= %.2f\n", LBl); printf("Volume= %.2f\n", VB); } //untuk keluar if (strcmp(menu,"0")==0) { return 0; } system("pause"); system("cls"); goto menu; }
Dan beriku ini tampilannya :
Apabila di sana ada kesalahan atau bug bisa kalian perbaiki sendiri hehehe. Sekian postingan saya semoga bermanfaat, sampai jumpa...
Apabila kalian ingin menyebarluaskan atikel ini mohon untuk mencantumkan link blog Project Kami. Jika postingan ini bermanfaat langsung saja bookmark halaman ini di web browser kalian, dengan cara menekan Ctrl + D pada keyboard.
Tulislah Komentar atau pertanyaan disini !
Gunakan pilihan Anonymous jika kamu tidak punya akun apapun :)