Powered by Blogger.

Fungsi Printf Bahasa C

Fungsi printf bahasa c - Code ini merupakan salah satu yang paling penting di antara code lainnya, ini karena kegunaannya untuk menampilkan hasil coding kita ke layar PC.

Mungkin kalian yang datang ke dan membaca postingan ini sudah pernah mendapat pelajaran tentang printf, namun disini saya akan membahasnya secara lebih detail lagi sehingga kalian akan benar-benar paham.  Berikut saya jelaskan fungsi dan cara penggunaan serta contohnya :

Printf adalah : Code yang ada pada bahasa C, yang berguna untuk menampilkan code-code yang kita tulis di dalam editor sehingga bisa tampil ke layar monitor saat kita compail/run.

Contoh apabila kita ingi menampilkan huruf "SELAMAT PAGI" maka printf inilah yang akan dipakai. Berikut ini contohnya :

#include <stdio.h>
#include <stdlib.h>

int main()
{
    printf("SELAMAT PAGI\n");
    return 0;
}

Silakan masukkan teks di atas ke dalam editor bahasa C seperti CodeBlocks lalu tekan F9 pada keyboard, maka kalian akan melihat program CMD dengan tulisan SELAMAT PAGI disana.

Seperti yang kalian lihat, diperlukan beberapa code lain setelah printf barulah kita tuliskan kata-kata SELAMAT PAGI. Hal ini karena penggunaan printf memiliki aturan-aturan khusus agar sesuatu yang ingin kita output kan bisa benar-benar tampil di layar monitor PC kita.

Setelah kalian memahami apa fungsinya saya akan mengajarkan bagaimana menggunakan "printf", caranya cukup sederhana dan kalian pasti akan langsung mengerti :

  1. Tulis "printf"
  2. Kemudian tulis dua kurung buka dan kurung tutup seperti ini "printf(    )"
  3. Lalu di dalam kurung tulis petik 2 sebanyak dua kali seperti ini " printf("     ") "
  4. Setelah itu pada kurung tutup berikan titik koma, hal ini berfungsi untuk mengakhiri penggunaan printf, seperti ini " printf("     "); "
  5. Barulah kita tulis kata-kata atau sesuatu yang kita inginkan seperti ini " printf("SELAMAT PAGI"); "
Bagaimana? Mudah bukan?, jika ada pertanyaan silakan tulis di kolom komentar yang ada di bawah. Nah, kemudian apa fungsi dari \n yang ada di atas? " \n " berfungsi seperti enter pada keyboard yang ada di komputer. Sehingga jika kita tidak ingin menggunakan enter, kita tidak usah menyertakan " \n ".

Disini kita tidak hanya bisa menampilkan kata-kata atau angka saja, kita juga bisa menampilkan atau mengoutputkan Variabel yang sudah kita buat.

Contoh menampilkan variabel :

#include <stdio.h>
#include <stdlib.h>

int main()
{
    int a=10;

    printf("Nilai dari a adalah = %d\n", a);
    return 0;
}

Seperti inilah tampilannya :


Seperti yang kalian lihat untuk menampilkan nilai dari a yang memiliki nilai 10 kita harus menambah " %d " kemudian setelah tanda petik yang terakhir kita harus menuliskan koma, lalu huruf " a " sebagai variabel.

Jadi huruf " a " yang ada pada printf berfungsi untuk menunjukkan variabel mana yang ingin kita tampilkan. Oh ya, " %d " hanya digunakan untuk menampilkan variabel int atau biasa disebut integer.

Apabila kita ingin menampilkan variable lain maka kita harus mengganti huruf d dengan yang lainnya, contoh kita akan menampilkan variabel Float maka kita harus menuliskan %f.


Statement Untuk menampilkan
 Character/Karakter
d / i Integer atau angka bulat
e Floating eksponensial
f Angka desimal
o Octal
s String (mirip %c namun memiliki banyak kata)
u Integer tak bertanda
x Integer Hexadesimal
p Pointer

Untuk kegunaan dari semuanya mungkin akan saya jelaskan lain kali.
Di dalam printf kita juga bisa memasukkan rumus sehingga variable yang tampil sesuai dengan rumus yang kita berikan, contoh " printf(" nilai dari a = %d", a+10); " maka yang di output kan adalah angka 20 karena kita sudah menambahnya dengan nilai 10.

Dan perlu di ingat bahwa kita tidak bisa menampilkan karakter-karakter tertentu semau kita, contoh kita tidak bisa menampilkan karakter tanda petik dan lain sebagainya.

  1. Untuk latihan coba kalian tampilkan Huruf A-Z
  2. Angka 1-10
  3. Carilah karakter tertentu yang bisa ditampilkan seperti sama dengan, simbol lebih dari, kurang dari ( = ; > ; < )
  4. Carilah karakter tertentu yang tidak bisa ditampilkan


Apabila ada pertanyaan silakan tulis di komentar. Sekian postingan ini semoga bermanfaat dan terima kasih sudah menyempatkan diri untuk membaca.
Apabila kalian ingin menyebarluaskan atikel ini mohon untuk mencantumkan link blog Project Kami. Jika postingan ini bermanfaat langsung saja bookmark halaman ini di web browser kalian, dengan cara menekan Ctrl + D pada keyboard.

Postingan Terbaru:

Tulislah Komentar atau pertanyaan disini !
Gunakan pilihan Anonymous jika kamu tidak punya akun apapun :)